Jumat, 26 September 2014

SISTEM INFOMASI PSIKOLOGI

Dalam tulisan kali ini saya akan membahas mengenai sistem informasi psikologi tetapi, sebelum mengulas terlalu jauh saya akan terlebih dahulu membahas mengenai pengertian sistem, informasi dan psikologi. Sehingga akan didapat pengertian dari sistem informasi psikologi secara jelas.

Apa itu sistem? 
Sistem berasal dari bahasa Latin yaitu systema dan dari bahasa Yunani yaitu sustema. Sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri dari komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi.
Menurut Anatol Raporot sistem merupakan kumpulan kesatuan dan perangkat hubungan satu sama lain. Hal senada juga diungkapkan oleh L Ackof bahwa sistem adalah setiap kesatuan secara konseptual atau fisik yang terdiri dari bagian-bagian dalam keadaan saling tergantung satu sama lain.
Sedangkan menurut Ludwig Von Bartalanfy sistem merupakan seperangkat unsur yang saling terkait dalam suatu antar relasi diantara unsur-unsur tersebut dengan lingkungan.
Berdasarkan pengertian dari beberapa tokoh diatas dapat disimpulkan bahwa sistem merupakan sekumpulan elemen dan unsur-unsur yang saling berkaitan dan saling berhubungan untuk melaksanakan dan mencapai suatu tujuan.

Elemen sistem


Karakteristik sistem
  • Komponen
  • Boundary, merupakan batasan antar sistem satu dan sistem lainnya dengan lingkungan luar.
  • Environtment, merupakan segala sesuatu yang berada di luar sistem yang mempengaruhi operasi dalam sistem.
  • Interface, merupakan media penghubung antara subsistem dengan subsistem lainnya.
  • Input, merupakan data yang dimasukkan ke dalam proses sistem
  • Output, merupakan hasil yang dikeluarkan dari proses sistem dimana didalamnya terdapat keluaran yang berguna maupun yang tidak berguna.
  • Sasaran sistem (objective), merupakan sasaran atau tujuan yang ingin dicapai oleh suatu sistem.
Apa itu informasi?
Gordon B. Davis mengungkapkan bahwa informasi adalah data yang telah diolah menjadi suatu bentuk penting bagi si penerima dan mempunyai nilai yang nyata yang dapat dirasakan dalam keputusan-keputusan yang sekarang atau keputusan-keputusan yang akan datang.

Kualitas informasi
  • Informasi harus akurat,berarti informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan dan tidak bias atau menyesatkan.
  • Harus tetap pada waktunya, berarti informasi yang datang pada penerima tidak boleh terlambat.
  • Informasi harus relevan, berarti informasi tersebut mempunyai manfaat untuk pemakainya.
Apa itu psikologi?
Psikologi berasal dari bahasa Yunani Kuno yaitu psyche (jiwa) dan logos (ilmu) dalam arti bebas psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jiwa atau mental. Psikologi tidak mempelajari jiwa atau mental itu secara langsung karena sifatnya abstrak, tetapi psikologi membatasi pada manifestasi dan ekspresi dari jiwa atau mental tersebut yakni berupa tingkah laku dan proses atau kegiatannya, sehingga psikologi dapat didefinisikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku dan proses mental. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa psikologi sebagai studi ilmiah mengenai proses perilaku dan proses-proses mental.

Apa itu sistem informasi psikologi?
Berdasarkan pengertian mengenai sistem, informasi dan psikologi yang telah dijelaskan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa sistem informasi psikologi merupakan suatu perangkat yang tersusun dari berbagai elemen dan unsur-unsur yang saling berkaitan dan berhubungan unuk menyediakan data yang berisi pengetahuan mengenai ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang kejiwaan, proses mental dan perilaku manusia serta hewan.


Daftar Pustaka

0 komentar:

Posting Komentar